Recent Posts

    Tentang Ulangan Harian Kedua



    Ulangan harian kedua kali ini adalah tentang teks prosedur. Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu kamu pelajari untuk menghadapi soal ulangan harian kelas VII SMP. 
    1. Teks prosedur termasuk jenis teks eksposisi.
    2. Untuk mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur dibutuhkan konjungsi.
    3. Dalam teks prosedur terdapat keterangan alat, misalnya "lukis kain dengan menggunakan canting", "potong kayu dengan gergji." 
    4. Selain keterangan alat, dalam teks prosedur juga terdapat keterangan cara, misalnya "bungkuslah adonan dengan rapat." "Masukkan adonan ke dalam loyang secara perlahan-lahan."
    5. Membuat teks prosedur sama halnya dengan membuat teks petunjuk.
    6. Membuat teks prosedur dapat menggunakan kata saran, yang ditandai kata "sebaiknya".
    7. Tujuan utama teks prosedur adalah memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan pekerjaan secara tepat sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
    8. Ciri-ciri bahasa dalam teks prosedur antara lain menggunakan kalimat perintah, dalam kalimat perintah digunakan saran/ larangan, penggunaan kata dengan ukuran akurat, menggunakan kelompok kata dengan batasan yang jelas.
    9. Ciri-ciri teks prosedur dari segi antara lain panduan/ langkah-langkah yang harus dilakukan, aturan/batasan dalam hal bahan / kegiatan dalam melakukan kegiatan, isi kegiatan dilakukan secara urut.
    10. Jenis teks prosedur berdasarkan tujuannya, yaitu teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat, teks prosedur untuk memandu cara membuat, teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan.
    Selamat belajar menghadapi ulangan harian kedua. Semoga Allah memudahkan kamu dalam belajar dan membukakan hati dan pikiranmu untuk menuliskan jawaban yang tepat ketika ulangan. Sebelum mengerjakan ulangan, pastikan kamu berdoa dan yakinlah dengan kemampuan diri dengan bertindakk jujur selama mengerjakan soal. Percayalah, bahwa hidup ini bukan sekadar nilai bagus yang bisa kamu banggakan kepada orangtua, tetapi tentang kejujuran yang lebih mulia, yang diridhai Allah.

    Inilah saat orang yang jujur memperoleh manfaat dari kejujurannya. Mereka memperoleh surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung.” – (Q.S Al-Maidah: 119)

    Belum ada Komentar untuk "Tentang Ulangan Harian Kedua "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel