Selasa, 05 April 2011

Kata Baku # 1

Diposkan oleh Kartika Hidayati di 4/05/2011 07:57:00 PM
Reaksi: 
Semoga bermanfaat ya ^_^

Kata yang didahului koma
...., namun ...
...., padahal ....
...., sedangkan ...
...., seperti ...
...., tetapi ...
...., yaitu/ yakni ....

Kata yang tidak didahului koma
.... bahwa ....
.... karena ....
.... maka ....
.... sehingga ....

Makna kata

akreditasi = pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria

reboisasi = penanaman kembali hutan yang telah ditebang; penghutanan kembali

Verifikasi = pemeriksaan tentang kebenaran laporan

frustrasi = rasa kecewa akibat kegagalan di dalam mengerjakan sesuatu atau akibat tidak berhasil dalam mencapai suatu cita-cita (jangan sampai deh ya. Keajaiban masih ada kok. Buktinya kita masih bisa bernapas dengan bebas *_*)

legalisasi = pengesahan (menurut undang-undang atau hukum)
(Ini yang sering keliru. Kebanyakan mereka berkata "Mau legalisir ijazah" )----------> Ingat lho ya ijazah pakai "z"

meditasi = pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu ( "pikiran" pakai p. Lagunya juga ada tuh.. "pikir-pikir berapakah usiaku?" )

sosialisasi = usaha untuk mengubah milik perseorangan menjadi milik umum (milik negara)

asas = dasar (sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat) ===> inga-inga ting* pakai "s" (Ngomong-ngomong buku Asas-Asas Linguistikku masih di @Meina Febriani apa udah ditipkan Mba Lia ya?)

lembap = mengandung air; tidak kering benar

adab = kehalusan dan kebaikan budi pekerti; kesopanan; akhlak
kalau adap = nasi kuning dari beras (yang sering buat nasi tumpeng kuning itu kali ya...)


# Ini nih, yang sempat membuat kepala cenat-cenut. Saya jadi meyesal dulu ketika kuliah analisis kesalahan berbahasa, saya lebih sering terkantuk.

memperhatikan atau memerhatikan sih? ^-*
Langsung cek, KBBI (elektrik). Saya ketik "memperhatikan" si kamus menjawab garang. Tidak ditemukan pencarian kata "memperhatikan"
Saya ketik "memerhatikan" langsung muncul sederet kata dan artinya.
memerhatikan (v) = melihat lama dan teliti; mengamati; menilik.
Rizal memerhatikan segala tingkah laku Intan (Ekheemmmm...)
perhati, berperhatian (v) mempunyai perhatian; menaruh minat
perhatian (n) = hal memerhatikan; apa yang diperhatikan
pemerhati (n) = orang yang memerhatikan; peminat; pengamat.

Sekian dulu. Semoga ada kesempatan untuk menulis catatan 2. Ingat kata Demasive: jangan menyerah. Jangan lupa pula kata Dewa: hidup adalah perjuangan. Paling berkesan bagiku adalah kata si Arai "Ingat, Boy. Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpimu)

Tegal, 6 April 2011
09:56 AM

1 komentar:

banggaberbahasa.blogspot.com on 16 November 2012 03.18 mengatakan...

mbakkkk :)

Poskan Komentar

Silakan Tulis Komentarmu Di Sini ^_^

 

Kartika Hidayati Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare