Minggu, 19 Desember 2010

MEMBANTU ANAK PUNYA INGATAN SUPER

Diposkan oleh Kartika Hidayati di 12/19/2010 11:45:00 PM
Reaksi: 




Judul: Membantu Anak Punya Ingatan Super Penulis: Femi Olivia Penerbit: Alex Media Komputindo Tahun: 2008 Halaman:  202 halaman

            Banyak Mata Pelajaran di sekolah yang membutuh hafalan. Bahkan pelajaran eksak sekalipun, menuntut anak untuk hafal rumus. Kebanyakan anak malas menghafal dan pada akhirnya tidak menyukai Mata Pelajaran tersebut. Tak jarang, para orang tua merasa sulit membujuk anak untuk belajar dan mengerjakan PR. Kebanyakan orang tua justru menuntut anak lebih keras dan memaksa anak untuk belajar. Keadaan ini, membuat anak belajar dalam tekanan dan tidak menyenangkan.
Pelajaran yang penuh beban akan membunuh insting belajar anak, membuat mereka tak punya kegembiraan dalam belajar, dan merampas hak anak untuk bermain serta bereksplorasi. Bahkan menurut ahli, kurikulum yang terlalu berat hanya dapat diikuti 15 persen siswa terpandai. Terlalu banyak mata pelajaran membuat anak harus menghasilkan nilai bagus di seluruh mata pelajaran. Padahal anak memiliki bakat tersendiri apakah padai di bidang IPA, IPS, atau Bahasa.

Saat menjelang ujian banyak anak yang santai saja, tapi justru orangtuanya yang panik. Apalagi melihat tahun lalu banyak siswa yang tidak lulus Ujian Nasional semakin membuat orang tua stress.
Jika Anda peduli dan ingin anak Anda berprestasi, (sebenarnya) hanya Andalah satu-satunya yang bisa “menolong”. Buku inilah yang dapat menolong Anda sebagai orangtua. Buku ini sangan penting bagi Anda yang peduli pada pendidikan anak. Bagi mereka yang ingin anknya mampu menghafal pelajaran dengan baik, buku ini adalah solusinya. Buku ini memandu Anda sebagai orangtua untuk mengenali gaya belajar anak, membantu anak berkonsentrasi belajar, mengingat pelajaran, dan melatih anak mengendalikan stress sebelum ujian.
Anda bisa membantu Anak berprestasi baik di sekolah. Buku ini akan memandu Anak untuk mencapai hal itu. Jadikan saat-saat belajar Anak menjadi menyenangkan dengan cara yang tepat. Jika Anda salah langkah, bisa-bisa anak Anda malah menjadi stress dan malas mengerjakan PR, akhirnya prestasi di sekolah menjadi buruk.
Gaya Belajar
Pada bab pertama buku ini diuarikan jenis-jenis gaya belajar yang meliputi: auditori, visual dan kinestetik. Ada anak yang lebih cepat memingat pelajaran sembari mendengarkan musik. Ada juga anak yang lebih senang menyendiri di kamar untuk menghafal pelajaran. Mengenali gaya belajar anak adalah hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membuat anak senang belajar dan mau mengerjakan PR.
Anda akan mudah mengenali gaya belajar anak Anda jika Anda mempelajari bab pertama buku ini. Selain uraian pengertian gaya belajar dan macamnya, diuraikan juga bagaimana Anda mengenali gaya belajar anak. Pada bab pertama ini, disediakan kuis yang harus Anda kerjakan dengan anak Anak untuk mengenali gaya belajar anak sehingga Anda tidak salah langkah dalam membantu anak belajar.
            Tidak hanya itu. Pada bab ini, juga diuraikan bagaimana menangani anak dengan gaya belajar tertentu. Solusi yang diberikan buku ini sangat mudah untuk dipraktikkan. Uraian tentang apa yang harus dilakukan orang tua jika anak memiliki gaya belajar tertentu sangat komunkiatif dan mudah dipahami.  Solusi yang diberikan tidak terbatas dengan tindakan yang harus dilakukan orang tua tetapi juga ruangan yang tepat untuk belajar anak Anda.
            Adapun, dalam bab 4 yang berjudul “Menaklukkan PR” dijelaskan pengaruh warna terhadap minat anak mengajarkan PR. Warna di kamar tidur dan ruang belajar anak mempunyai pengaruh besar terhadap kinerja sekolah dan kemampuan belajarnya. Sebagai orang tua Anda harus dapat menentukan warna apa yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi, menenangkan pikiran, dan memacu kreativitas.
Peta Pikiran
Buku ini memberi gambaran yang lengkap dan jelas tentang metode pencatatan yang mudah diingat dan melatih kecerdasan anak Anda. Latihlah anak Anda untuk membuat catatan sekolahnya dengan peta pikiran. Setelah anak membaca buku atau menerima pelajaran dari guru, anjurkan anak Anda untuk membuat peta pikiran.
Berilah anak Anda sebuah kertas ukuran A4 atau buku gambar A3. Ubahlah posisi kerta tersebut menjadi memanjang , untuk memudahkan anak membuat garis-garis dan membaca apa yang sudah anak tulis. Mintalah anak Anda untuk menentukan kata kunci dan tuliskan kata itu pada tengah kertas dan buatlah gambarnya. Gunakan spidol untuk membuat cabang di sekitar sentral. Langkah lengkap untuk membuat peta pikiran pelajaran bis Anda dapatkan di buku ini.
Selain teori peta pikiran, buku ini juga dilengkapi gambar peta pikiran sehingga memudahkan Anda untuk mengajari anak membuat peta pikiran. Selain itu, dilengkapi pula latihan bagaimana membuat peta pikiran untuk pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa. Mencatat dengan peta pikiran, membuat anak lebih kreatif dan membantu anak untuk mengingat apa yang telah dipelajarainya di sekolah dengan cepat.
Bila ada cara yang mudah, mengapa pilih cara yang susah untuk mengingat pelajaran? Cara mudah itu, bisa Anda dapatkan dalam buku ini. Cara yang diuraikan dalam buku ini antara lain: membuat kartu pengingat, membuat singkatan, peta pikiran dan masih banyak yang lain.
Buku ini tidak hanya memberikan teori secara konkret, melainkan memberikan contoh bagaimana Anda menerapkan teori itu dan contoh pelajaran apa yang dapat diaplikasikan dengan metode mengingat yang dipaparkan dalam buku ini.
Pada bab 16 diuraikan bagaimana melatih anak berpikir cepat. Bila anak mampu berpikir lebih cepat, ia pun akan mampu menjawab pertanyaan para guru dengan cepat dan tepat pula.  Jika anak mempelajari sebuah kalimat atau materi pelajaran penting atau sulit, cobalah membacanya keras-keras secara dramatis atau seperti membaca dongeng. Anda bisa mengajak anak Anda untuk menggunakan aksen asing atau dialek daerah, atau suara yang diubah (seperti suara anak kecil, nenek-nenek layaknya seperti dubber  di televisi) atau membisikannya.
Buku ini tidak menggurui orang tua untuk menekan anak supaya belajar dan mau menghafal pelajaran. namun, buku ini memberikan solusi dan cara mudah untuk membuat anak mau belajar dan menghafal pelajaran dengan menyenangkan. Buku ini juga membolehkan para orang tua membolehkan anak bermain video game. Tak hanya itu, dalam buku ini dijelaskan pula bagaimana mengajari anak untuk melalukan pijat penghilang stress.
Tambahan pula, buku ini dilengkapi dengan lampiran contoh kartu pengingat istilah, rumus, kartu memo dan kartu indeks dan masih banyak lagi yang memudahkan anak untuk mengingat pelajaran. Namun, contoh yang ada pada lampiran tidak berwarna sehingga kurang menarik.
Tak ada gading yang tak retak. Begitupun buku ini. Buku ini tidak memaparkan bagaimana anak menyukai pelajaran matematika, bagaimana membuat pelajaran matematika menjadi pelajaran yang tak menakutkan. Sangat disayangkan, padahal pelajaran matematika adalah pelajaran yang menjadi ketakutan siswa ketika UJian Nasional. Gambar yang terdapat dalam buku ini tidak berwarna sehingga kurang menarik. Alangkah lebih indah lagi, jika gambar yang ada, misal peta pikiran berwarna.
Desain cover buku ini kurang menarik karena hanya bergambar pensil dan rautan. Gambar tersebut kurang mewakili judul buku yang begitu menggugah minat orang untuk membaca. Adapun, buku ini ditulis dengan huruf arial normal sehingga mudah dibaca.
Terlepas dari kekurangan itu. Buku ini layak Anda miliki dan Anda baca. Temukan kemudahan membantu anak belajar dan menghafal pelajaran dengan mudah di buku ini. Banyak cara mudah dan menakjubkan yang bisa Anda praktikkan untuk membuat anak Anda memiliki ingatan super.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan Tulis Komentarmu Di Sini ^_^

 

Kartika Hidayati Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare