Recent Posts

    MIRA LESMANA: MENDAPATKAN IDE


    -->
    Ternyata oh ternyata. Andrea Hirata “tak lahir begitu saja.” Seperti apa yang dikatakan Mbak Mira Lesmana yang aku kutip dari Strory Teenlit Magazine Edisi 6/ Th.I 25 Desember 2009-24 Januari 2010 halaman 85. “…Toh seorang Andrea Hirata, misalnya, sejak kecil sudah menulis. Hanya memang tidak berupa cerpen, dia mempersiapkan semua tulisannya dengan sangat matang dan lahirlah buku Laskar Pelangi dan tetraloginya. Banyak juga yang melaluinya dengan menulis cerpen lebih dulu lalu berkembang ke tahap selanjutnya.”
    Lantas aku jadi berpikir. Aku harus menemukan jalan untuk ke tahap selanjutnya. Itu memang sudah seharusnya aku lakukan.  Terus berlari hingga lelah. Jika lelah aku hanya akan pelan berjalan. Tak akan berhenti.
    Lebih lanjut Mbak Mira juga berkata. “ Kebutuhan untuk membaca itu penting. Dengan membaca kita bisa mendapatkan ide atau ilmu. Sekarang ini remaja kita dimanjakan dengan audio visual, namun toh mereka tetap bisa berkarya. Mereka kini memilih media lain selain buku untuk bisa mencari ide-ide kreatif. Mereka bisa browsing, dan sebagainya, sebagai ganti buku bacaan. Artinya mereka tetap membutuhkan ilmu dan itu bisa didapat selain dari buku. Sementara bagi saya, dunia film atau audio visual adalah tempat saya mendapatkan ide.”
    Setuju banget dah. Inspirasi datang tak hanya dari membaca. Apa pun bisa menjadi ide menulis cerita. Termasuk nonton film. Tapi membaca buku yang bermutu adalah menu utama untuk bisa menulis.

    Belum ada Komentar untuk "MIRA LESMANA: MENDAPATKAN IDE"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel